Manfaat Genset

Pernahkah kantor atau rumah Anda mengalami pemadaman listrik secara tiba-tiba? Bisa dibilang semua orang pernah mengalaminya. Meski pemadaman tersebut tidak berlangsung lama atau hingga hitungan hari, namun hal itu tetap mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan. Bahkan efeknya akan jauh lebih terasa bagi aktivitas home industri atau tempat usaha lainnya. Karena hal ini tentu menghambat aktivitas produksi yang sedang berjalan dan mengakibatkan kerugian.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, banyak perusahaan atau perumahan yang memanfaatkan tenaga genset sebagai pengganti daya listrik dari PLN yang biasa dimanfaatkan sebagai tenaga utama. Genset sendiri bisa dikategorikan sebagai salah satu sumber tenaga listrik yang umumnya memanfaatkan bahan bakar minyak. Generator listrik ini digunakan sebagai alternatif atau solusi agar listrik tetap menyala saat terjadi pemadaman listrik secara mendadak.

Lalu, apa itu Genset?

Genset atau kepanjangan dari generator set adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik. Disebut sebagai generator set karena mesin generator ini merupakan kombinasi dari sebuah generator listrik dan sebuah mesin atau engine (prime mover) yang dipasang bersama untuk membentuk satu peralatan. Engine sebagai perangkat pemutar sedangkan generator sebagai perangkat pembangkit listrik.

Engine dapat berupa perangkat mesin diesel berbahan bakar solar atau mesin berbahan bakar bensin, sedangkan generator merupakan kumparan atau gulungan tembaga yang terdiri dari stator (kumparan statis) dan rotor (kumparan berputar).

Dalam ilmu fisikia yang sederhana dapat dijelaskan bahwa engine memutar rotor pada generator sehingga timbul medan magnet pada kumparan stator generator. Medan magnet yang timbul pada stator dan berinteraksi dengan rotor yang berputar akan menghasilkan arus listrik sesuai hukum Lorentz.

Jenis-jenis genset

Beberapa jenis genset menurut bahan bakar yang digunakan antara lain:

  1. Genset Diesel – avr genset
    Mesin diesel ini dapat berfungsi menggunakan bahan bakar solar. Karena dapat menghasilkan kapasitas atau daya yang cukup besar, genset diesel banyak digunakan dalam industry-industri besar. Untuk kapasitas output sangat bervariasi mulai dari 5 Kw atau 5000 Watt sampai dengan 2 MV atau 2.000.000 Watt. Kapasitas output yang cukup besar, membuat mesin diesel ini mempunyai silinder berkisar 2 sampai 16.
  2. Genset Portabel – spare part genset
    Genset ini merupakan genset yang khusus digunakan pada outdoor. Biasanya generator portabel ini banyak digunakan sebagai konser musik hingga perkemahan, di mana dalam kegiatan tersebut membutuhkan energi listrik yang besar sebagai penerangan.
  3. Genset Urine – filter genset
    Genset jenis ini merupakan hasil penemuan dari 4 orang pelajar asal Afrika. Para pelajar ini melakukan uji coba dan penelitian dengan menggunakan 1 liter air urine. Dan percobaan tersebut berhasil menyalakan sebuah genset untuk pengadaan listrik selama 6 jam.
  4. Genset Non-diesel – service genset
    Genset non diesel berbahan bakar bensin premium. Genset jenis ini mempunyai kapasitas yang relative kecil yaitu dalam kapasitas dibawah 5000 watt atau 5 kW. Sehingga digunakan sebagai tenaga listrik cadangan untuk indutri kecil, seperti home industri atau daerah perumahan.
  5. Genset Gas
    Untuk jenis genset gas ini, sudah pasti menggunakan bahan bakar gas. Namun gas yang digunakan untuk genset ini adalah gas hasil olahan dari gas bumi baik yang di olah sebagai LPG atau CNG. Genset gas ini sudah mulai banyak digunakan sebagai genset untuk rumah tangga dan digunakan ketika mati lampu terjadi.

Setelah mempelajari lebih dalam mengenai genset, tentu Anda tidak akan bingung lagi memilih kapasitas daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik Anda. Manfaatkan fungsi alat pembangkit tersebut dengan maksimal dan total, sehingga Anda bisa merasakan fungsi serta kegunaannya. Yang terpenting adalah bagaimana cara memanfaatkan secara maksimal segala bentuk perkembangan teknologi untuk memudahkan serta membantu segala aktivitas kita nantinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s