Tips Merawat Sepatu Crocs

Sepatu buaya, begitu anak-anak Amerika menyebut brand sepatu Crocs yang sedang digemari saat ini. Produk-produk Crocs termasuk alas kaki yang nyaman dikenakan dan tidak mudah kotor. Karena kenyamanannya inilah Crocs menjadi brand sepatu yang cukup besar. Ditambah dengan desain sepatu yang aneh dan tidak biasa, membuat orang semakin penasaran dan tertarik untuk membeli sepatu ini.

Seperti halnya jenis sepatu yang lain, sepatu jelly shoes juga membutuhkan perawatan agar tetap nyaman digunakan. Berikut ini akan kami uraikan bagaimana merawat dan membersihkan sepatu crocs jogja kesayangan Anda berdasarkan bahan pembuatnya.

jelly shoes

Untuk Crocs berbahan croslite,

  1. Langkah awal untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang mudah hilang seperti debu yaitu  dengan aliran air. Basuh Crocs dengan air secara merata, gunakan air yang mengalir.
  2. Setelah itu, siapkan ember berisi kira-kira 3-4 liter air hangat. Tambahkan sekitar 4 sdm baking soda ke dalam ember kemudian larutkan. Bila sudah, rendam  sepatu Crocs Anda ke dalam larutan baking soda tersebut selama kurang lebih 10 menit.
  3. Bersihkan Crocs dengan cara menggosoknya dengan larutan sabun. Hindari pemakaian deterjen baju karena kurang cocok jika digunakan untuk Crocs. Gosok perlahan-lahan ke semua bagian sepatu hingga benar-benar bersih.
  4. Bilas dengan air mengalir sampai tidak ada sisa baking soda maupun air sabun. Bila sudah bersih, segera keringkan.
  5. Terakhir, gunakan Crocs Butter (sebuah pembersih khusus yang disediakan oleh Crocs) agar sepatu Crocs Anda terlihat seperti baru. Pembersih ini dapat dibeli di toko atau counter resmi Crocs.

 

Untuk Crocs berbahan canvas,

  1. Bilas Crocs canvas dengan air mengalir hingga semua bagian sepatu tersentuh oleh air.
  2. Bersihkan sepatu dengan cara menggosoknya dengan menggunakan sabun atau deterjen. Gosok perlahan hingga ke sela-sela sepatu. Pastikan semua bagian sepatu benar-benar dibersihkan.
  3. Bila sudah cukup bersih, segera bilas sepatu Anda dengan air mengalir. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel pada Crocs.
  4. Keringkan sepatu dengan cara dijemur di tempat yang banyak sinar matahari atau tempat berangin.
  5. Sepatu Anda pun siap digunakan. Bila ingin disimpan, beri silica gel pada tempat penyimpanan sepatu Anda.

 

Untuk Crocs berbahan suede,

  1. Suede protector adalah barang yang wajib dimiliki oleh Anda yang baru membeli alas kaki Crocs berbahan suede. Untuk perawatannya, aplikasikan suede protector pada seluruh permukaan sepatu sehingga alas kaki Anda terhindar dari kotoran dan debu.
  2. Untuk menghilangkan debu yang baru menempel pada permukaan sepatu, gunakanlah karet penghapus. Gosok perlahan-lahan dan jangan  menekan sepatu terlalu kuat.
  3. Untuk noda atau kotoran yang lebih membandel seperti lumpur atau tumpahan minuman, Anda bisa membersihkannya dengan sikat gigi yang lembut. Basahi sikat gigi lalu gosok permukaan sepatu Crocs Anda yang kotor. Gosok perlahan-lahan dalam satu arah. Setelah selesai, cukup keringkan dengan kipas angin. Hindari menjemur di bawah sinar matahari yang terik.
  4. Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan suede cleaner yang bisa didapatkan di toko-toko sepatu. Caranya sangat mudah, semprotkan suede cleaner pada permukaan sepatu yang kotor lalu gosok atau sikat pelan-pelan hingga noda menghilang.
  5. Untuk penyimpanan, ada baiknya bila alas kaki Crocs disimpan dalam kotak sepatu khusus dengan diberi silica gel agar tidak terlalu lembab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s