Memeluk Bayi, membuat Buah Hati Anda menjadi Lebih CERDAS.

“Kata orang tua zaman dulu, anak jangan sering digendong nanti bau tangan dan jadi manja. Hmm saya malah jadi penasaran benarkah mitos tersebut, lalu saya coba browsing dan tanya-tanya, ternyata bayi yang banyak digendong tidak menjadi manja dan tergantung kepada orang lain.
Seorang anak selain harus banyak digendong harus juga banyak dipeluk, diberi kasih sayang sehingga saat besar dia menjadi percaya diri dan mandiri.
Sentuhan bisa menstimulasi segala sesuatu, mulai dari bernapas dalam-dalam, mengembangkan sistem kekebalan tubuh sampai optimalnya kondisi emosional. Studi menunjukkan, bila ditelantarkan, bayi baru lahir yang hampir tidak pernah digendong atau dipeluk akan mengalami masalah emosional dan perkembangan.
Melalui pelukan, cinta dan perhatian yang lebih baik, ternyata hasilnya sangat berbeda sekali : Kontak fisik yang banyak akan memicu pertumbuhan bayi, bahkan bisa mempengaruhi perkembangan bayi yang lahir prematur. Sentuhan dan pelukan memiliki nilai khusus dalam perjalanan hidup manusia, Namun, yang perlu diperhatikan, yang paling berarti adalah proses ini yang terjadi dalam tahun pertama kehidupannya (0-12 bulan)
Ini adalah cara yang paling baik untuk berkomunikasi dengan si kecil, apakah Anda ingin menunjukkan bahwa ia aman, dicintai, atau ketika Anda ingin bilang: “Ini waktunya bobo, sayang.” Kathleen Groom-Nguyen dari Jamaika Plain, Massachusetts, melakukan sentuhan untuk menenangkan Liam , anak laki-lakinya yang berusia tiga bulan. “Ia kurang suka kalau ‘ditengkurapkan’. Setelah beberapa menit, saya akan menelentangkannya, memijat-mijat perutnya, dan sedikit menggelitikinya. Biasanya sih, ia langsung berseri-seri lagi.
” Bayi baru lahir: Belajar dari kangguru Bayi prematur sering menghabiskan waktu sampai berminggu-minggu atau bahkan lebih lama di NICU (Neonatal Intensive Care Unit ). Tentu saja, tindakan ini harus dilakukan, namun sentuhan seharusnya menjadi bagian dari proses penyembuhannya. Dengan metode “ kangaroo care “, yang pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970an dan kini sangat populer, mama akan menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari memeluk bayi prematurnya (ada kontak antara kulit bayi dengan kulit Anda).
Memeluk erat-erat bayi yang baru lahir akan menenangkannya. ” Will lahir cukup bulan dan dalam kondisi sehat. Meski begitu, saya dan suami sering melakukan kontak kulit bersamanya karena kami yakin itulah yang terbaik untuknya, “kata Robin Holmesdari Los Angeles. “Saya jarang mengenakan blus saat menyusuinya di rumah, dan kadang-kadang ia langsung tengkurap di atas dada telanjang suami.” Sentuhan ini juga membuat Will tetap tenang. “Begitu ia rewel menjelang tidur siang, saya langsung mendekapnya dan tangan saya membelai-belai kepalanya. Cara ini benar-benar membuatnya relaks. “Menghadapi kegelisahan bayi.

Tahukah Anda, bahwa pelukan mama itu adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit si kecil? Hal ini ditemukan melalui penelitian yang dilakukan Dr. Elliott blass, Ph.D. , profesor di departemen psikologi dan neuroscience di University of Massachusetts, Amherst. Dr. Blassjadi.
Mendekap erat-erat bayi, ini sangat menenangkan – saya pikir ini mengingatkannya lagi saat meringkuk di rahim Anda. Dan bagaimana Anda bisa menolaknya? Bayi kan begitu lembut dan menggemaskan! ” Tangan yang kokoh, namun lembut Ternyata, sentuhan bukanhanya bisa menstimulasi reaksi psikis.Sentuhan itu juga bentuk komunikasi. Dan bagaimana Anda menyentuh bayi Anda terbukti bisa memancing reaksi yang berbeda-beda. Sementara sentuhan ragu-ragu mencerminkan ketidak pastian, ketakutan, dan ketidaknyamanan; sentuhan yang mantap memberi sinyal, berupa rasa aman, dilindungi, dan penuh cinta, kata Tiffany Field, Ph.D. , direktur Touch Research Institutes di University of Miami School of Medicine.

Dari berbagai sumber.

Nama BayiArti Nama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s